Tari Tor-Tor di Klaim Malaysia

Selamat kepada pemerintah Indonesia yang kebakaran jenggot mendengar kebudayaan kita diklaim oleh pihak negeri jiran, malaysia. Tari Tor-tor dan gendang sembilan telah diklaim oleh malaysia merupakan adat dari daerah Medan,Sumatra Utara. Dimana kinerja pemerintah terutama departemen kebudayaan (ada ga ya, sudah tidak tahu urusan pemerintah yang banyak jalur birokrasinya) yang melindungi kebudayaan Indonesia. Seperti kasus apa ya kemarin yang berhasil di klaim kembali Indonesia melalui UNESCO. Ada yang tahu ?.Apakah tari Reog yah? Nah kasus ini juga bagaimana yang kelanjutannya…

Sebagai rakyat yang tidak tahu apa-apa, cuma ingin menyampaikan saran, semoga didengar, bentuklah suatu grup dari departemen kebudayaan untuk merangkum semua kebudayaan Indonesia yang bermacam-macam dan mengajukan ke badan Internasional untuk menjadi hak cipta dari Indonesia. Tari daerah dan pakaian serta rumah adat yang telah dikenalkan melalui pendidikan namun telah hilang karena kecanggihan teknologi sehingga anak-anak sekarang tidak mengetahui kekayaan adat Indonesia.

Namun menurut dari pihak malaysia mengatakan bahwa tarian tersebut ditampilkan oleh penduduk Mandailing yang telah menjadi warga negara malaysia. (AHAA…baru teringat lagu rasa sayangnge dari Ambon yang dijadikan lagu visit malaysia). Kalau status nya begitu apa yang perlu diluruskan.Warga Indonesia yang telah menjadi warga negara sebelah. Mungkin pihak yang lebih mengerti dapat memberikan pengertian.

Sebagai warga negara Indonesia sangat disayangkan jika satu persatu budaya kita hilang dan tidak dilestarikan ke anak cucu kita. Semoga orang seni yang masih mengajarkan adat budaya terus didukung oleh kita dan terutama pemeritah. Semoga moral bangsa Indonesia semakin membaik karena telah menjadi negara ke 63 dari sekitar 170 negara yang dianggap gagal oleh suatu lembaga peneliti dunia. Gagal dalam menegakan keadilan, ekonomi dan lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s