Forum Organisasi Masyarakat Meresahkan

Banyak ormas-ormas yang berkeliaran atas nama masyarakat dengan wilayah tertentu. Dengan merasa tanah milik nenek moyang mereka menancapkan bendera dan mendirikan pos di tanah yang bukan milik mereka. Contoh pemancangan bendera yang merusak pemandangan (ditambah dengan papan reklame yang sudah menjamur) dan pos yang menjadi tempat untuk berisitirahat.

Bagaimana tindakan nyata pemerintah dan pihak yang berwajib mengenai ormas-ormas yang meresahkan. Tingkat kepercayaan masyarakat telah menurun kepada pihak yang berwajib dan pemerintah. Pihak berwajib telah diragukan oleh masyarakat yang menyebabkan tindakan main hakim sendiri dan bersama-sama membuat kerusuhan. Tanpa ada tindakan penegakan keadilan untuk mereka yang membuat rusuh. Untuk masalah ini memang dilema untuk pihak yang berwajib. Jika bertindak tegas dikenakan pelanggaran HAM sedangkan dibiarkan maka pihak berwajib dianggap tidak melakukan tindakan apapun.

Pemerintah yang mengatakan wakil rakyat kini hanya menjadi penikmat gaya hidup konsumtif diantaranya belanja untuk renovasi ruangan, gorden yang harganya 6 juta semeter (kain ada emasnya kali ya) dan toilet super bersih serta pil kesehatan untuk panjang umur. Mereka mengajukan itu dengan seksama dan bijaksana (untuk A segini untuk B segini untuk lain-lain segini) sedangkan untuk masalah Pulau Padang (yang tidak jelas inti permasalahannya) di Riau hingga saat ini belum ada penyelesaian yang jelas dari pemerintah. Pemandangan yang jelek berada di gedung wakil rakyat kita yang mewah tidak ada yang peduli. Tuntutan masyarakat mengenai mata pencaharian yang akan hilang jika suatu perusahaan mengolah tanah mereka yang kaya akan mineral bumi.

Inti dari wacana diatas ormas-ormas, pihak yang berwajib dan wakil rakyat lebih berkoordinasi untuk bersama-sama membangun kerjasamanya yang baik sehingga keadaan yang aman, damai dan tertib berjalan di Indonesia. Indonesia semoga maju dengan penggunaan dana dari APBN yang tidak dihamburkan ke kantung-kantung rekening tidak jelas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s