iPhone 4S

Seri terbaru iPhone produksi Apple, iPhone 4S, mulai hari ini dijual di tujuh negara, yang meliputi Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia, Perancis, Jerman, dan Jepang.

Penjualan dimulai pada pukul 08.00 waktu lokal masing-masing negara. Hingga saat ini, FoxBusiness melaporkan bahwa calon pembeli telah mengantre di negara-negara tersebut. Smartphone terbaru Apple ini dijual dengan harga mulai 199 dollar AS untuk yang berkapasitas 16 GB hingga 399 dollar AS untuk yang berkapasitas 64 GB (harga kontrak dengan operator).

Penjualan langsung ini mengikuti preorder yang dilaporkan telah mencetak rekor, menembus angka 1 juta unit dalam waktu 24 jam sejak pembukaan. Salah satu motivasi pengantre membeli iPhone 4S adalah untuk mengenang Steve Jobs. “Saya fans, fans berat. Saya ingin sesuatu untuk mengenang Steve Jobs,” kata Haruko Shiraisi yang mengantre di Tokyo.

Sementara Mark Du dari Australia mengatakan, “Saya ingin memiliki iPhone baru dengan fitur yang lebih baik dari model sebelumnya dan juga karena Steve Jobs telah tiada.” Motivasi itu seperti menegaskan beberapa prediksi para analis yang mengatakan bahwa iPhone 4S akan laris bukan karena fiturnya, melainkan karena merupakan iPhone terakhir yang penggarapannya melibatkan Steve Jobs secara langsung.

Steve Jobs sendiri meninggal pada 5 Oktober 2011, sehari setelah peluncuran iPhone 4S. Carl Howe, analis dari Yankee Group, mengatakan bahwa penjualan iPhone 4 yang lalu mencapai 1,7 juta unit dalam minggu pertama. Ia memperkirakan, iPhone 4S akan terjual lebih banyak, mencapai dua atau tiga juta unit dalam minggu pertama. Perkiraan maksimal, seri iPhone terbaru ini bisa terjual hingga empat juta unit. Beberapa pihak sebenarnya kecewa dengan iPhone 4S karena upgrade fitur yang tak terlalu signifikan dibanding para pendahulunya.

Namun, konsumen di Asia sepertinya tetap menunggu kehadirannya. Salah satu yang diharapkan oleh beberapa konsumen adalah fitur iCloud. Pada akhir Oktober, iPhone 4S akan mulai dijual di Singapura. Kabar rencana penjualan di Indonesia sampai kini belum diketahui.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s