Kerusuhan Arjuna Kepa Duri

Terjadi pembakaran sebuah metromini di daerah Arjuna di Duri Kepa Jakarta Barat. Kerusuhan yang terjadi karena adanya penggusuran yang akan dilakukan oleh pihak tertentu. Daerah pinggir kali yang dihuni oleh rata-rata pemulung serta keluarga yang telah menempati daerah tersebut puluhan tahun itu tidak sesuai dengan kepemilikan. Sebab daerah pinggir kali tidak dapat digunakan sebagai tempat tinggal.

Warga kesal karena tanpa adanya pemberitahuan tempat tinggal mereka akan digusur. Ada yang menempati daerah tersebut sejak tahun 1974 dan tidak memilliki surat kepemilikan yang tidak jelas. Sekelompok orang datang dengan membawa puluhan orang dengan metromini yang dibakar serta tiga motor lainnya yang diduga punya kelompok yang menghampiri warga tersebut. Saat ini kondisi telah pulih dan jalan dapat dilalui dengan baik.

Setidaknya penggusuran telah menggambarkan bahwa siapa yang berkuasa dapat melakukan apa saja namun dapat ditahan dengan gabungan seluruh masyarakat yang akhirnya dapat dipatahkan dengan tumpukan kertas. Tanah yang tidak jelas kepemilikan akan digunakan oleh yang berkuasa untuk membangun gedung diatas tanah yang tidak jelas pula dan di pinggir kali merupakan daerah resapan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s