Satelit akan Jatuh ke Wilayah Indonesia

Sama seperti sampah dibumi yang akan kembali pada bentuk dan asalnya, seperti plastik yang tidak akan terurai untuk ratusan tahun yang berasal dari bumi, sampah luar angkasa pun akan kembali ke penciptanya.  Kini satelit yang beratnya 5 ton akan jatuh ke bumi, namun lokasi jatuhnya satelit belum dapat diperkirakan lokasinya.Satelit yang akan jatuh ke bumi itu adalah Upper Atmospheric Research Satellite (UARS). Setelah melewati atmosfer Bumi, satelit ini bisa jatuh di mana saja, antara 57 derajat utara dan 57 derajat selatan ekuator.

“Pada 24 September 2011 pukul 06.35 WIB ketinggian UARS berada di bawah 122 km (umumnya ketinggian benda jatuh antariksa).” Demikian prediksi itu disampaikan LAPAN melalui situsnya, http://foss.dirgantara-lapan.or.id/orbit/ pada Jumat (23/9/2011) siang.

LAPAN menjelaskan, dengan ketinggian di bawah 122 km itu, satelit melintas mulai dari Samudera Pasifik, Meksiko, Samudera Atlantik, Eropa, Timur Tengah, Samudera Hindia lalu naik lagi di atas 150 km di selatan Australia. LAPAN memperkirakan UARS tidak melewati Indonesia hingga pukul 15.17 WIB.

Di waktu tersebut, ketinggian UARS sudah mencapai sekitar 54 km. Diperkirakan UARS sudah jatuh sebelum melewati Indonesia. “Kesimpulan sementara: Indonesia aman dari kejatuhan UARS,” demikian LAPAN mengumumkan.

Para ilmuwan di Orbital Debris Program Office NASA memperkirakan setidaknya ada 26 potongan besar dari satelit sebesar bus itu yang akan jatuh. Kira-kira 532 kg material satelit itu akan mendarat di Bumi.

Serpihan ini akan tersebar dalam rentang wilayah seluas sekitar 804 km. Namun Badan Antariksa AS mengatakan, kemungkinan kecil satelit ini akan jatuh dan menghancurkan kota. Kemungkinan besar kepingan satelit akan jatuh ke air atau daerah terpencil.

NASA telah mengkalkulasi bahwa kemungkinan seseorang akan kejatuhan serpihan satelit adalah 1:3.200. Meski demikian, jika ada yang menemukan potongan UARS, demi alasan keamanan sebaiknya potongan tersebut jangan disentuh, dan segera laporkan pada aparat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s