Indonesia vs Turkmenistan

Kemenangan Indonesia atas Turkmenistan dalam pertandingan Pra Piala Dunia 2014 di Brazil terdapat beberapa pendapat. Mau dimulai darimana komentar yang menyenangkan dulu atau komentar yang kurang menyenangkan. Lebih baik dimulai dengan komentar yang kurang menyenangkan diikuti dengan komentar yang senang seperti pepatah habis manis sepah dibuang, salah pepatah tampaknya yang benar berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.

Komentar yang pertama yang kurang menyenangkan adalah sisi sportivitas suporter Indonesia. Hal yang perlu digarisbawahi adalah tindakan yang tidak terpuji dari suporter Indonesia menggunakan sinar laser. Tindakan ini terekam pada saat wasit memberikan tendangan bebas bagi Indonesia. Pemain Turkmenistan nomor 9 terdapat lampu yang diarahkan ke wajah pemain tersebut. Laser warna hijau yang diarahkan membahayakan pemain tersebut. Mulailah dari diri sendiri untuk menjadi sportif para sahabat suporter Indonesia. Kalau ingin menang, menanglah dengan jujur, dan malu pada diri sendiri jika menang dengan kecurangan.

Selain itu permainan Indonesia yang telah unggul 4-1 telah merubah mental permainan dan faktor fisik pemain Indonesia. Setelah unggul besar tim Indonesia berkepala besar dengan memainkan bola di tengah lapangan dengan maksud menghabiskan waktu. Namun tidak efektif, bola terebut dan akibatnya gawang Indonesia kebobolan. Dua gol yang didapat Turkmenistan adalah akibat penjagaan Indonesia yang mengendur faktor fisik. Ricardo Salampesy yang menjadi bek tengah pada pertandingan tersebut melakukan penjagaan yang kurang baik bersama dengan M. Robby.

Itulah berita yang tidak menyenangkannya, kini waktunya berita yang menyenangkan. Secara keseluruhan permainan Indonesia cukup baik. Diluar dugaan pertandingan tersebut tercipta 7 gol yang diperkirakan oleh banyak penonton atau komentator mempredikisi 2-1 atas Indonesia. Salah satu pemain yang sedang berada di puncak adalah Boaz yang memiliki banyak peluang namun tidak dapat memaksimalkan dengan tercipta gol. Umpan silang Boaz telah memberikan kontribusi yang penting pada gol yang diciptakan Gonzales. Dua gol disarangkan Gonzales diikuti oleh gol tendangan jarak jauh yang kencang oleh M.Ridwan dan gol cerdik dari M. Nashua yang melihat posisi kiper yang keluar dari gawang.

Permainan Indonesia yang baik pada pertandingan ini semoga dapat menghancurkan tim-tim lain di penyisihan berikutnya pada tanggal 3 Agustus nanti untuk babak penyisihan 20 besar yang timnya lebih kuat.
Semoga Indonesia dapat jadi macan Asia Tenggara menggantikan Thailand.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s