Apa sih Supermoon

Baru denger nama supermoon seperti pahlawan super pria superman atau pembela kebenaran wanita mengenakan baju pelaut sailormoon (krik…krik…)

Pernah kita melihat bulan tampak lebih besar daripada biasanya. Fenomena ini diakibatkan karena jarak bulan dengan bumi berdekatan. Hari ini kita dapat melihat bulan 7 persen lebih besar daripada biasanya. Istilah ini dikenal dalam dunia astrologi yang diartikan energi jahat atau bencana.

Seorang astrolog bernama Richard Nolle, misalnya, memperkirakan bahwa supermoon kali ini akan menimbulkan bencana gunung berapi dan badai. Kabar yang beredar di internet juga menyebut bahwa supermoon yang akan terjadi esok berkaitan dengan bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Jepang Jumat (11/3/2011) lalu.

Namun oleh para astronom ditampik bahwa fenomena tersebut membawa bencana di Jepang. Titik terjauh dikenal dengan apogee, sedangkan titik terdekat dikenal dengan perigee. Saat Bulan mencapai titik terdekat atau perigee inilah, fenomena yang dikenal dengan supermoon terjadi. Publikasi space.com menyebutkan, Bulan akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi dalam kurun waktu 18 tahun terakhir. Bulan “hanya” 356,577 kilometer dari Bumi. Ini 30.000 kilometer lebih dekat dengan jarak rata-rata Bumi-Bulan biasanya yang berkisar 382.900 km.

Berdasarkan waktu Indonesia, jarak terdekat Bumi-Bulan tersebut akan terjadi pada Minggu (20/3/11) dini hari pada pukul 02.10 WIB. Puncak purnamanya sendiri bisa dinikmati pukul 01.11 atau 59 menit sebelum jarak terdekat Bumi-Bulan dicapai.Bulan yang istimewa ini takkan bisa dinikmati langsung dengan mata telanjang. Untuk membedakan “kegemukannya”, harus digunakan teleskop.

Siap-siap nanti pagi jam 02.10 untuk menatap langit dan bulan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s