Macetnya Kemanggisan – Tanah Abang

Sejak hari Senin, 9 Januari 2011, Jakarta serasa sudah kacau. Macetnya jalan di daerah tertentu telah membuang energi bumi yang cukup besar alias bensin serta polusi yang dihasilkan. Stamina para pekerja yang terkuras akibat stres atas macetnya jalan di Jakarta.

Update status di media sosial seperti facebook via Blackberry sebagian besar menyatakan macet. Bagi pengendara kendaraan bermotor yang melalui kemanggisan – tanah abang yang biasa dapat ditempuh dengan waktu 1 jam kini harus ditempuh dalam waktu 2,5 jam.

Yang menjadi kambing hitam adalah Transjakarta koridor IX-X yang baru dibuka, namun tidak itu saja kendaraan umum yang sembarangan berhenti. Namun semua itu bukan penyelesaian dengan mencari kambing hitam. Jalan yang tidak sesuai dengan volume kendaraan di Jakarta adalah penyebab utamanya. Hanya rencana dan rencana yang tidak kunjung selesai seperti monorail, ERP (jalan berbayar pada jalan protokol dengan sistem wilayah), karena pengembang membatalkan dukungan atas program tersebut. Alasan apa yang membuat para investor membatalkan perjanjian, apakah karena di Indonesia yang segala urusan diselesaikan dengan lembaran uang kertas untuk kantong pribadi yang berkepentingan ?

Yang kami rasakan sebagai penduduk kota Jakarta adalah kami muak dengan kemacetan yang makin parah dan tidak ada solusi dari para ahli yang telah kami percayakan (slogan siapa ya?) .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s