Perokok Pasif Dapat Tuli

Larangan pemerintah yang keluar pada tanggal 1 November 2010 mengenai larangan merokok yang diubah menjadi larangan merokok di dalam gedung tidak dapat membantu banyak perokok pasif. Ruangan dalam gedung atau mal yang digunakan untuk merokok, kini telah ditutup menurut aturan.

Para perokok aktif kini tetap dapat menjalankan aktifitas merokok di luar gedung atau mal. Asap yang dikeluarkan juga mengganggu terhadap pejalan kaki yang melintasi mereka.

Asap rokok yang terhisap memiliki kandungan bahan kimia yang dapat mengganggu sirkulasi darah di pembuluj darah kecil dalam telinga. Akibatnya organ telinga kekurangan oksigen dan mengakibatkan terbentuknya sisa toksik dalam telinga.

Dalam sebuah riset, para peneliti dari Universitas Miami dan Florida International University melakukan analisa hasil tes pendengaran terhadap 3.307 orang bukan perokok, yakni para mantan perokok dan orang yang tidak pernah merokok sama sekali.

Selain dilakukan tes pendengaran, para ahli juga melakukan tes darah untuk mengetahui kadar nikotin yang disebut cotinine yang dibentuk tubuh ketika kontak dengan asap rokok.

Hasilnya, perokok pasif memiliki ganguan pendengaran yang lebih buruk dibanding orang yang tidak terpapar. Gangguan pendengaran ini terutama mereka tidak bisa menangkap pembicaraan yang dilakukan di lingkungan yang agak berisik. Bukan hanya itu, perokok pasif juga terancam mengalami tuli berdasarkan pemeriksaan seluruh frekuensi suara.

“Kami belum tahu batasan asap rokok yang aman agar terhindar dari risiko gangguan telinga. Namun yang paling aman adalah tidak terpapar sama sekali,” kata Dr.David Fabry, peneliti.

Itu sebabnya, sebelum menyalakan rokok Anda, perhatikan dulu apakah dampaknya bagi orang lain di sekitar Anda yang terpaksa ikut “menelan” asap rokok yang dikebulkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s