Pertempuran BMC, AUDI, MERCEDES

Mercedes : Lebih irit
Mercedes-Benz S250 CDI akan hadir di dealer-dealer pada awal 2011 dengan banderol 65.000 euro (90.000 dollar AS). Mesin diesel 4-silinder 2,2 liter yang digunakan menghasilkan tenaga 204 PS dan torsi 500 Nm yang tersedia sejak 1.600 rpm. Berkat penggunaan turbocharger dua-tahap, performa yang dihasilkannya sama dengan mesin diesel 6-silinder.

Yang hebat, teknologi idle-stop sebagai kelengkapan standar berkontribusi mencetak konsumsi bahan bakar 17,5 km/liter dan emisi CO2 hanya 149 g/km. Ini menjadikan S250 CDI sebagai model pertama di kelasnya yang mampu mengonsumsi bahan bakar lebih baik dari 16 km/liter dan juga yang pertama dengan emisi kurang dari 150 g/km.

“Mobil mewah yang ramah lingkungan sangat mungkin diwujudkan,” ujar Verena Mueller, juru bicara Mercedes. “Kami berharap dapat menarik konsumen pencinta lingkungan yang mencari mobil dengan emisi CO2 serendah mungkin,” lanjutnya.

Audi : Andalkan A8
Langkah serupa juga akan dilakukan Audi. Pabrikan Jerman ini berencana memangkas jumlah silinder pada model termewahnya A8 dengan menawarkan teknologi hibrida yang memadukan mesin empat silinder dengan motor listrik pada 2012. Sebelum menghadirkan A8 hybrid, tahun depan disodorkan versi mesin diesel 6-silinder yang mempunyai efisiensi bahan bakar hingga 16,6 km/liter.

Teknologi hibrida dipilih Audi untuk mengurangi risiko turunnya performa mobil. “Penurunan kapasitas mesin tak boleh membatasi karakter pengendaraannya,” ujar Eric Felber, juru bicara Audi. Yang terpenting adalah tetap menawarkan performa terbaik di segmen ini.

BMW : Fuel cell
Beda dengan Audi, BMW menyodorkan sedan mewah ramah lingkungan tanpa¬† memangkas jumlah silinder dan hanya menambah motor listrik untuk mesin enam dan delapan silinder pada Seri 7. “Kami memilih menjual Seri 7 dengan mesin enam dan delapan silinder,” ujar Norbert Reithofer, CEO BMW. “Apa yang kami ingin tawarkan pada mobil ini di masa depan adalah motor listrik,” tambahnya.

Selain teknologi hibrida, BMW juga berkonsentrasi untuk mengembangkan teknologi mesin diesel dan fuel cell berbahan bakar hidrogen.

Sumber : Bastian http://www.kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s