Burger Tahan Hingga 6 Bulan

Menikmati sekepal burger memang bisa membuat Anda lupa diri. Tapi Anda pun patut waspada. Mengonsumsi makanan yang satu ini harus bijaksana karena bila terlalu sering dapat memicu risiko kesehatan.

Ada fenomena unik yang patut disimak menyoal santapan cepat saji tersebut. Yang satu ini misalnya. Burger Happy Meal McDonald’s yang terkenal di Amerika ternyata bisa tahan terhadap pembusukan selama berbulan-bulan.

Hal itu setidaknya telah dibuktikan oleh seorang fotografer asal New York, Sally Davies, lewat sebuah proyek uniknya. Davies sengaja memotret burger yang dibelinya pada sekitar bulan April lalu.

Lalu, burger tersebut ia simpan di apartemennya selama enam bulan. Hasilnya di luar dugaan. “Perubahan yang bisa saya lihat hanyalah (burger itu) mengeras seperti batu,” ungkap Davies seperti dikutip Daily Mail.

Dalam riset kecilnya itu, Davies secara teratur memotret burger miliknya setiap pekan dan kemudian memuatnya di situs fotografi Flickr. Hal itu dimaksudkan untuk merekam setiap perubahan yang terjadi dari hasil eksperimennya.

Setelah enam bulan berlalu, burger tersebut ternyata tidak mengalami pembusukan sedikit pun. “Makanan itu kalau disentuh seperti plastik dan mengilat seperti acrylic,” ujarnya.

Dalam melakukan proyek itu, Davies sebenarnya ingin membuktikan keyakinannya selama ini. Ia percaya kalau setiap burger akan membusuk bila disimpan dalam dua atau tiga hari setelah dibeli dari restoran. Namun ternyata, keyakinannya itu keliru.

Beberapa pemantau foto-foto burger Davies di Flickr memberikan komentar terhadap hasil proyek ini. Mereka memberi catatan bahwa burger Happy Meal tersebut difoto dari sudut pemotretan yang berbeda sehingga muncul kecurigaan bahwa pemotretan burger ini mungkin saja direkayasa dan tidak sesuai fakta, yaitu  “tidak tersentuh” sebagaimana yang disyaratkan dalam sebuah proyek.

Davies menjawabnya dengan sederhana. “Makanan ini diletakan di atas sebuah piring di rak apartemen saya. Dan ketika saya mengambilnya untuk dipotret, makanan ini bergeser. Burger ini seperti batu di atas piring, jadi tentu saja, makanannya akan berpindah,” ujarnya.

Sementara itu, rekan Davies yang lainnya justru telah menyelesaikan riset yang mirip. Adalah konsultan nutrisi dan kesehatan, Karen Hanrahan, yang menyimpan sebuah burger McDonald’s sejak 1996 untuk menunjukkan kepada kliennya bahwa makanan cepat saji bisa tahan terhadap pembusukan.

Seperti halnya Davies, ia juga menyimpan burger dan kentang tersebut di kediamannya. “Sekarang masih ada di rak buku saya, jadi tak menyita banyak tempat. Burger ini tak lagi mengeluarkan aroma apa pun hanya setelah 24 jam. Anda harus melihat hal ini,” ungkap Hanrahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s