Tarif Parkir Mobil Naik 500 Persen

Apa yang ada di kepala pemerintah daerah ibukota jakarta untuk menaikan tarif (ada yang tahu?). Ga ada lah, yang tahu mereka sendiri. Program 5 kali parkir gratis satu berlaku sementara dan tidak berlaku lagi sekarang. Unit Pelaksana Teknis Perparkiran Dinas Perhubungan DKI mendapatkan setoran dari tukang parkir sebesar Rp. 50.000. Namun tidak ada kejelasan alur dana.

Pemerintah ibukota DKI mengajukan wacana 10.000/jam atas dasar bahwa biaya parkir termurah di dunia. Kalau dilihat dari segi transportasi dan ekonomi, tarif parkir di Indonesi bisa termurah karena apa? Karena layanan transportasi massal yang super duper amburadul. Dapat dilihat dari proyek yang transjakarta koridor IX-X yang sudah molor, lalu proyek monorail yang mendapat dukungan dari Dubai namun pada akhirnya batal meminjamkan. Pernah denger transportasi sungai yang sempat berjalan 1-3 bulan? Kemana kapal tersebut sekarang dan jadi apa? Ditambah lagi dengan proyek kereta bawah tanah yang berpotensi dipenuhi air (sebab Jakarta yang telah di bawah permukaan laut). Kemana semua proyek ini?

Tarif parkir direnacankan dibagi ke dalam 3 zona yatiu zona pinggir, zona antara dan zona pusat dengan perbandingan 1:3:5. Zona pinggir meliputi kawasan seperti Mender, Lenteng Agung, Pasar Minggu, dan Lebak Bulus. Zona antara mencakup kawasan seperti Tanah Abang, Matraman, dan Salemba. Adapun zona pusat mencakup jalan protokol, yakni Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, dan Jalan Gatot Subroto.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s