SBY Batal ke Den Haag, RMS Ditolak

Pemimpin negara kita telah siap berangkat untuk memenuhi undangan dari Ratu dan Perdana Menteri Belanda. Dan para wartawan yang telah lama menunggu di dalam pesawat untuk wawancara terpakasa turun.

Mendengar telepon dari luar negeri mengenai ada berita bahwa SBY akan ditangkap oleh pihak pengadilan Belanda dan tidak ada jaminan dari pemerintah Belanda, maka pemimpin negara kita membatalkan penerbangan menuju Den Haag. Alasan yang dikemukakan oleh SBY adalah menjaga harga diri bangsa kita serta keamanan yang tidak kondusif.

Keamanan yang tidak kondusif dikarenakan pemimpin RMS yang tinggal di Belanda mengajukan ke pengadilan setempat untuk mengadili pemimpin negara kita karena telah melanggar HAM dengan menangkap sekitar 90 anggota RMS. RMS (Republik Maluku Selatan sekarang menjadi Republik Maluku Serani) yang menginginkan merdeka sejak tahun 1950-an.

Namun jawaban telah terang, pihak pengadilan Belanda tidak mengabulkan pengajuan oleh pihak RMS. Pengadilan mengatakan tidak mengabulkan permohonan mereka karena dapat melanggar hukum Internasional. Jadi SBY dapat menjadwal ulang untuk kedatangannya ke Belanda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s