Banjir Bandang di Papua

Bencana air bah melanda daerah Papua, yang terkenal dengan hutan yang masih lebat (dibandingkan kalimantan yang sekarang sudah gundul) serta beraneka ragam fauna yang eksotis.  Terdengar berita yang cukup mencengangkan bahwa Papua bisa banjir bandang. Kemanakah hutan yang menampung air tersebut?

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mengaku telah menerima laporan bahwa korban tewas akibat banjir bandang yang melanda Wasior, ibu kota Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, mencapai 56 orang.

Hujan yang mengguyur sejak Minggu hingga Senin mengakibatkan korban diperkirakan tewas akibat tenggelam dan terseret arus banjir yang juga membawa kayu gelondongan dan bebatuan dari telaga di atas gunung.

Berdasarkan informasi sebelumnya, ratusan warga sempat mengungsi di Kantor Bupati Teluk Wondama yang berada di Kota Wasior.

“Pemerintah pusat sudah menugaskan BNPB untuk segera melakukan tanggap darurat terkait banjir bandang tersebut,” katanya.

Semoga alam kita yang hijau dapat kembali dan bersahabat dengan alam yang semakin lama semakin panas akibat ulah kita sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s