Bahasa Koro Ditemukan di India

Berbagai macam bahasa ada di dunia ini dan hanya beberapa yang dapat kita pelajari dan kuasai. Dan semakin lama bahasa yang lama tidak digunakan akan punah. Sekarang ditemukan bahasa yang telah punah di Timur Laut India oleh para peneliti. Bahasa tersebut adalah bahasa Koro, yang masih bersaudara dengan bahasa Tibet dan Burma menurut Gregory Anderson dari Swarthmore College di Pennsylvania, David Harrison dari Living Tounges Institute dari Oreon dan Ganseh Murmu dari Universitas Ranchi India.

Ketiga peneliti tersebut mendapat dukungan dari National Geographic dan dari pemerintah India untuk mengunjugi negara bagian Arunachal Pradesh yang berbatasan dengan Bhutan dan China, yang merupakan daerah asal bahasa Koro ditemukan. Namun dari daerah tersebut yang masih menggunakan bahasa tersebut berusia lanjut.

Harrison yakin bahwa bahasa Koro mungkin berasal dari masa perdagangan budak. Harrison telah bertahun-tahun membuat riset tentang bahasa yang hampir punah dan memprediksikan sebuah bahasa punah setiap dua minggu. Banyak bahasa yang hanya digunakan oleh sedikit warga yang lanjut usia di suatu wilayah dan banyak lagi, seperti bahasa Koro, yang tidak pernah dituliskan atau direkam dalam bentuk apa pun. “Dalam hitungan lembaran keilmuan, Koro menambah satu dari daftar yang berjumlah 6.906 bahasa di seluruh dunia,” kata Harrison.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s