Ramuan Penambah Makan

Inilah beberapa ramuan tanaman untuk menambah nafsu makan yang  direkomendasikan beberapa pakar obat tradisional seperti Bambang Mursito, D.S. Soewito dan Fauziah Muhlisah :

Ramuan 1 Bahan:

– Tiga helai daun brotowali

-Dua jari batang brotowali yang sudah dipotong kecil-kecil

– Dua gelas air

Cara Membuat:

Cucilah daun dan batang brotowali sampai bersih. Masukkan dalam wadah (lebih baik dari tanah liat). Kemudian masukkan dua gelas air dan rebus dalam keadaan tertutup sampai tinggal setengahnya. Kalau sudah dingin, saring air rebusan. Minum sekali sehari satu gelas, lakukan selama beberapa hari.

Ramuan 2 Bahan:

– tiga jari rimpang lengkuas

– 50 mililiter air matang

Cara meramu Lempuyang dicuci bersih kemudian diparut, ditambah air dan diperas. Air perasan diminum tiga kali sehari satu sendok makan. Lakukan ini sebelum makan selama beberapa hari.

Ramuan 3 Bahan:

– satu genggam daun pegagan

– dua gelas air

Cara Membuat:

Daun pegagan dicuci bersih kemudian ditambah air dan direbus dalam keadaan tertutup hingga mendidih sampai tinggal setengahnya. Setelah dingin, disaring. Air saringan diminum satu gelas sehari, lakukan selama beberapa hari. Selain direbus, daun pegagan segar bisa juga dikunyah. Ambillah sebanyak 15-30 gram daun pegagan segar.

Ramuan 4

Bahan:

– Satu helai daun pepaya

– Garam dapur secukupnya

– Setengah gelas air matang

Cara Membuat:

Setelah dicuci bersih, lumatkan daun pepaya lalu tambahkan air dan garam. Setelah itu, peraslah sampai keluar airnya. Air perasan diminum sekaligus. Lebih baik minumlah pada pagi hari. Meramunya juga pada pagi hari. Lakukan hal ini selama beberapa hari.

Ramuan 5 Bahan:

– Dua jari rimpang temulawak

– Dua jari rimpang lengkuas

– Setengah genggam daun meniran

– dua gelas air

Cara Membuat: Semua bahan dicuci bersih. Setelah itu dipotong kecil-kecil dan masukkan dalam wadah. Tambahkan air dan rebuslah hingga mendidih selama 15 menit. Biarkan sampai dingin, kemudian larutan disaring. Minum dua kali sehari setengah gelas, lakukan beberapa hari.

Ramuan 6 Bahan:

– 5 lembar daun pandan wangi

– 3 gelas air

Cara Membuat: Potonglah kecil-kecil daun pandan wangi. Kemudian masukkan dalam wadah dan tambahkan tiga gelas air. Rebuslah sampai airnya menjadi dua gelas. Setelah dingin, minumlah dua kali sehari. Sekali minum satu gelas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s