Gamya Jajaki Shell

Kerusakan pada fuel pump pada armadanya, PT. Gamya Taksi Group berencana menjalin kerjasama dengan PT. Shell Indonesia. Gamya bercermin pada indikasi tentang adanya sulfur yang tinggi dalam premiun Pertamina.

Langkah ini akan dijajaki, karena menurut Direktur Utama Gamya mengatakan sia-sia mengganti tangki bensin namun jika penyebab utamanya beredar di SPBU. SPBU yang sering didatangi armada Gamya di SPBU Kreo, Pondok Bambu dan TB. Simatupang.

Sudah 270 unit taksi Gamya selama dua bulan terakhir rusak pada fuel pump. Total aramada yang rusak merupakan 25% dari total armada dan masih ada armada yang lumpuh sebanyak 5o. Pendapatan yang didapat dari satu armada bisa mendapatkan 350 ribu hingga 600 ribu per hari dan dari jumlah tersebut para sopir mendapat komisi progresif sebesar 10% hingga 30 %.

PT Toyota Astra Motor sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM) Toyota Limo yang dipakai Gamya membanderol komponen tangki bensin seharga Rp 2,5 juta. Jadi, bisa dibayangkan bukan total kerugian dari mampetnya fuel pump? Demi menekan kerugian, Gamya pun tengah bernegosiasi dengan ATPM agar diberi keringanan biaya.

Menaikkan tarif

Meski sudah berniat menjalin kerja sama dengan Shell, namun saat ini Gamya belum mulai merealisasikan kerjasama tersebut. Sebab, perusahaan masih mengkalkulasi resiko yang harus ditanggung bila menggandeng mitra baru. Tak menutup kemungkinan kerja sama ini akan berakibat kenaikan tarif Gamya dari yang tadinya tarif bawah menjadi tarif atas. Tarif bawah menerapkan biaya awal Rp 4.000, sementara tarif atas Rp 5.000.

“Kalau tidak ada jalan lain, terpaksa kami harus meningkatkan tarif, daripada kerusakan berlarut-larut,” lanjut Mintarsih. Ia pun berharap, Pertamina segera meningkatkan kualitas Premium. Bila tidak, ketimbang menyebabkan kerusakan mobil, ia menyarankan Pertamina menghapuskan produk tersebut. (Gloria Haraito/Kontan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s