Kembali ke Minyak Tanah, Gas Meledak

Muncul wacana untuk kembali menggunakan minyak tanah untuk beberapa wilayah akibat seringnya terjadi ledakan yang disebabkan oleh tabung gas 3 kg. Para pengguna gas 3 kilo kini mulai khawatir akan keadaan tabung gas hingga aksesoris seperti selang dan regulator yang tidak aman. Korban yang mengalami luka bakar akibat ledakan gas, mengalami trauma berat hingga tak berani memasak menggunakan gas kembali.

Akibat ledakan yang terjadi belakangan ini adalah terjadinya pengoplosan yang marak hingga tabung gas yang palsu serta kondisi tabung gas yang telah tidak layak seperti telah berkarat. Namun pihak pemasok menyangkal keterangan diatas, semua tabung gas telah diperiksa sebelum didistribusikan ke masyarakat.Pihak pemasok telah memasukkan suatu bahan yang berfungsi untuk memberi aroma yang tidak sedap apabila terjadi kebocoran (bukan gas buangan manusia loh).

Lebih baik dipertimbangkan kembali harga jual gas yang menggiurkan bagi pengoplos yaitu satu tabung 12 kg berharga 72 ribu sedangkan 3 kg hanya 13 ribu. Pengoplos dapat meraup untung 20 ribu untung setiap tabung 12 kg. Lebih baik harga 12 kg diturunkan dan mungkin saja harga gas 3 kg dinaikan, namun pasti ada kendala dari masyarakat.

Semoga pemerintah memikirkan kembali peraturan konversi minyak tanah ke gas. Dan dipersiapkan lebih matang lagi atas keputusan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s