F-Concept Andalan Baru Daihatsu

Daihatsu F-Concept adalah kendaraan konsep yang ditujukan untuk pasar Indonesia. Inilah debut atau “World Premiere” mobil konsep terbaru Daihatsu diperlihatkan ke publik. Aspek lain yang membuat F-Concept jiwa-raganya lebih dekat ke Indonesia, untuk  merancang dan merekayasanya, disertakan peran dan pemikiran orang Indonesia. “Ada  perancang dari Indonesia ikut mempersiapkan  kendaraan ini di Jepang,” jelas Yosuke Sakaguchi, Project Manager Styling Div No. 1, Daihatsu Motor Co.,Ltd., ketika ditemui KOMPAS.com saat pembukaan pameran.

Dijelaskan pula, konsep rancangan, termasuk dimensi, pemilihan mesin dan aplikasi kendaraan, F-Concept ditargetkan sebagai pengganti sepedamotor. Sama dengan konsep yang dituangkan Tata pada Nano. Namun formatnya berbeda. Kalau Nano sebagai mobil penumpang, F-Concept mengarah ke komersial. Ini bisa dilihat dari bentuknya.

Cukup Gaya
Daihatsu sendiri mengatakan, F-Concept dirancang untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap kendaraan murah. Kendati demikian, faktor penampilan tidak ditinggalkan. Karena itu penampilan dibuat cukup stylish alias gaya. “Style merupakan faktor penting bagi masyarakat Indonesia dalam menentukan atau memilih sebuah kendaraan,” jelas Daihatsu dalam rilisnya, termasuk buat kendaraan komersial.

F-Concept adalah kendaraan serbaguna. Selain sebagai alat transportasi sehari-hari, juga bisa buat usaha atau kerja sampai  untuk rekreasi. Karena itu pula, dalam rilis yang dibagikan kepada wartawan diperlihatkan beberapa alternatif penggunaan kendaraan ini, terutama bak belakangnya. Antara lain   ditutupi dengan kanvas (soft top) dan juga boks plus rugged type (bak terbuka biasa). Mungkin nanti bisa diubah menjadi minibus, seperti konsep Gran Max.

Supermini
F-Concept sangat kompak dan bisa dikatakan sebagai supermini. Panjang 2.925 mm, lebar 1.295 mm dan tinggi 1.690 m dengan jarak sumberu roda 1.840 mm. Ukuran bak tidak dijelaskan. Sedangkan untuk mesin hanya dicantumkan 660cc, 3 silinder segaris. Menggunakan roda dan ban 155/70R13.

Berdasarkan speksifikasi yang diberikan, kendaraan ini mobil termasuk lincah dan gesit meman faatkan ruang kecil. Pasalnya, radius putarnya 3,6 meter dan kabin hanya bisa dimuat 2 penumpang. Wakil Presiden Boediano dan Menteri Perindustrian, Moh S. Hidayat, sempat duduk di dalamnya.

Kabinnya juga sederhana dan ruangnya sangat terbatas (tentu saja lebih baik dari sepedamotor). Untuk memberikan ruang kai yang lega, perancang Daihatsu menempatkan tuas pemindah gigi pada kolom setir dan berada di tengah dashboard (seakan dipaksakan akibatnya jadi kurang artistik dan justru tambah ribet). Mungkin perancang Daihatsu mencoba alternatif lain?

Kebijakan Pemerintah
Pertanyaan yang muncul, apakah F-Concept segera direalisasikan menjadi proyek mobil murah Daihatsu di Indonesia? Sebelumnya, Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor kepada KOMPAS.com mengatakan, rencana tersebut sangat tergantung kebijakan yang dibuat pemerintah.

“Kalau konsep mobil eco-firendly atau ramah lingkungan, irit bahan bakar dan mesin yang kecil, jelas kebijakannya, tentu kita bisa melaksanakannya,” tegasnya.

Dalam hal ini tentu saja berbagai dukungan pemerintah, misalnya insentif berupa potongan berbagai pajak sehingga harganya benar-benar terjangkau atau sesuai dengan yang diharapkan masyarakat bawah!

Apalagi kendaraan ini ditargetkan sebagai pengganti sepedamotor,  selain  sebagai kendaraan keluarga, juga buat usaha. Di samping itu, dengan konsep seperti ini,   transportasi kecil dan murah Indonesia akan menjadi lebih manusiawi!

Sumber : Kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s