Apa Sih Kaca Tempered

Kaca tempered adalah kaca yang telah diproses oleh pengatur panas atau melalui proses kimia untuk meningkatkan kekuatan kaca daripada kaca normal. Kaca tempered diproses dengan membuat tekanan pada kaca yang seimbang sehingga kaca lebih kuat. Kondisi ini yang membuat kaca yang pecah karena terkena benturan akan pecah dalam ukuran yang kecil, yang membuat tingkat keamanan yang lebih tinggi.  Pada akhirnya hasil dari keamanan dan kekuatan yang dimiliki digunakan sesuai kebutuhan seperti kaca mobil, jendela, pintu kaca dan meja, tatakan lemari es dan komponen kaca anti peluru serta kacamata selam.

Keuntungan dari kaca tempered

Ada dua tipe utama dari kaca yang diproses, yaitu diproses dengan panas dan sepenuhnya tempered. Kaca yang dipanaskan dua kali lipat lebih kuat dari kaca biasa sedangkan kaca tempered mencapai empat hingga enam kali lebih kuat dari kaca biasa. Perbedaanya adalah hasil residu dari tekanan pada ujung dan permukaan kaca. Kaca tempered digunakan diatas 65 MPa sedangkan kaca yang dipanaskan antara 40 hingga 55 MPa.

Sangat penting untuk dicatat bahwa kekuatan dari kaca tersebut tidak mengubah cahaya yang masuk, lebih kuat dari biasanya artinya dapat mengurangi dampak dari benturan.

Kerugian dari kaca tempered

Kaca yang telah diproses harus dipotong sesuai dengan ukuran di lokasi dan tidak dapat diolah kembali setelah melalui proses penguatan. Untuk memperhalus bagian tepi atau membuat lubang harus dikerjakan sebelum masuk ke dalam proses penguatan.  Karena tekanan kaca yang seimbang, akan membuat akan meledak kedalam bentuk serpihan.

Sejarah kaca tempered

Hak paten kaca tempered dipegang oleh ahli kimia Rudolph A. Seiden, lahir pada tahun 1900 di Austria.

Angkasa Bangunan

568 – 4309

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s