aluminium,aluminum,alumunium,almunium,alminium ?

Pada pelajaran kimia kita menerima senyawa-senyawa yang terdapat dalam tabel periodik yang harus kita ingat. Seperti pada kolom I Hari Libur Nasional Kita Rabu Camis Friday. Alias Hidrogen, Lithium, Natrium, Kalium, Rubidium, Calsium, Francium. Gambar tabel periodik senyawa kimia seperti ini untuk mengingatkan kita pada pelajaran kimia.

Nah untuk lambang Al terdapat pada tabel ke IIIa yaitu aluminium yang memiliki no atom 13.

Aluminium merupakan jenis logam ringan yang merupakan elemen yang terdapat pada permukaan bumi sebesar 8% dan ketiga terbesar dari bahan yang berlimpah di muka bumi. Aluminium terdapat  pada aditif makanan, antasida, aspirin, astrigents, semprotan hidung, air minum, knalpot mobil, asap tembakau, peralatan masak, kembang api dan aluminium foil.

Dari kegunaannya, Aluminium merupakan konduktor listrik yang baik juga konduktor yang baik untuk panas. Aluminium dapat ditempa menjadi lembaran dan ditarik menjadi kawat serta diekstrusi menjadi batangan untuk berbagai macam penamapang yang tahan karat.

Aluminium digunakan untuk berbagai hal seperti badan pesawat terbang, tutup botol hingga pembuatan jendela. Saat  ini aluminium sangat favorit digunakan untuk pembuatan jendela karena tahan dari rayap dan tahan lama. Aluminium memiliki karakter yang simple yang sesuai dengan kondisi saat ini yang mengutamakan kesederhanaan dalam bentuk.

Pembuatan jendela, pintu, jalusi  maupun lemari dapur dimulai dari pemilihan bahan yang sesuai dengan kebutuhan. Karena bahan alumunium dibagi menjadi beberapa bagian pembuatan seperti bahan pembuatan jendela casement, pintu alumunium, jalusi (saluran udara atau kisi-kisi) memiliki bentuk yang telah dibentuk sesuai standar.

Proses berikut dari pencarian bahan adalah pemotongan bahan sesuai dengan ukuran yang akan dibentuk. Setelah dipotong sesuai dengan ukuran, saatnya untuk menyatukannya dan proses akhir adalah pemasangan serta penyelesaian.

Bahan aluminium terdiri dari warna dasar yang umum digunakan adalah CA atau silver, coklat dan hitam. Untuk warna yang lain dapat diproses agar menjadi warna yang diinginkan. Dan perlu yang diperhatikan adalah ketebalan alumunium yang berbeda-beda. Ada bahan aluminium  yang sangat tipis antara 0.8 mm hingga 1.3 mm. Biasanya bahan yang tebalnya kurang dari 1mm mudah untuk diremas. Bahan ini kurang bagus untuk digunakan, biasanya ada merek yang sangat bagus dan harganya dua kali lipat dari harga pasaran. Namun tidak perlu diragukan untuk kualitasnya dan kelebihan dari merk mahal adalah bentuk bahan yang tidak dimiliki oleh merk lain pada umumnya. Namun untuk bahan standar yang juga tidak kalah dengan bahan dengan merk terkenal.

Jadi gunakan bahan yang standar dan lihat tebal bahan yang akan digunakan serta pilih warna yang sesuai dengan kebutuhanAnda.

Angkasa Bangunan

5684 309

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s