Penemu Kotak Hitam Meninggal

Pernah dengar kejadian kecelakaan pesawat, dan tindakan pertama adalah mencari koordinat terakhir pesawat itu mengadakan kontak dengan pusat kontrol. Dan langkah selanjutnya adalah menemukan kotak hitam untuk investigasi selanjutnya.

Lahir di Australia, David Warren yang tinggal di panti jompo di kota Melbourne hingga tutup usia pada umur 85 tahun. Beliau adalah penemu kotak hitam yang berfungsi merekam data pesawat yang sangat vital fungsinya.

Ide ini muncul saat beliau menyelidiki kecelakaan pertama jet komersial, Comet tahun 1953. Beliau berpikir dengan merekam suara percakapan pilot dapat terbantu dalam investigasi. Perlu waktu bertahun-tahun untuk memberi pengertian fungsi dari kotak hitam tersebut dan dapat dipasang pada pesawat komersial di seluruh dunia.

Biografi Warren adalah sebagai berikut lahir di kawasan terpencil timur laut Australia pada tahun 1925. Ayahnya tewas dalam kecelakaan pesawat di Australia. Sejak itu dia menjadi ilmuwan di Laboratorium Penelitian Aeronautikal di Melbourne sejak 1952 hingga 1983.

Warren memiliki 4 anak dan 7 cucu dari pernikahan beliau.

2 thoughts on “Penemu Kotak Hitam Meninggal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s