Lihat Bunga Rafflesia Yuk!

Jakarta – Buat Anda yang belum pernah melihat bunga rafflesia patma, silakan datang ke Kebun Raya Bogor. Tumbuhan langka berukuran raksasa itu kini tengah mekar.

Dilansir situs lipi.go.id, mekarnya tumbuhan langka itu diketahui oleh seorang peneliti, Sofi Mursidawati, pada Minggu 20 Juni lalu.

“Rafflesia patma yang baru mekar ini mempunyai beberapa perbedaan dengan bunga yang mekar terlebih dahulu. Perbedaan tersebut terutama dari warna yang lebih cerah,” begitu yang tertulis dalam situs lipi.go.id, Senin (21/6/2010).

Sebelumnya, bunga jenis ini sudah pernah mekar di Kebun Raya Bogor pada 2 Juni. Bunga itu adalah bunga pertama yang mekar di luar habitatnya.

Mekarnya bunga yang disebut masyarakat sebagai bunga bangkai ini telah mematahkan anggapan bahwa bunga ini tidak dapat hidup di luar habitatnya. Harapan untuk lebih melestarikan bunga langka ini pun terbuka lebar.

“Pernyataan bahwa tidak mungkin rafflesia ditumbuhkan di luar habitatnya kini telah terjawab. Keberhasilan ini membuka peluang untuk tercapainya harapan bahwa rafflesia ternyata mungkin bisa dikembangkan di luar habitat aslinya,” katanya.

Keberhasilan itu dicapai setelah penelitian intensif sejak tahun 2004. Kebanyakan pengunjung Kebun Raya Bogor mengidentikkan rafflesia dengan bunga bangkai (Amorpophallus titanum ) yang lebih dulu ada di Kebun Raya.

Keduanya merupakan 2 jenis tumbuhan yang berbeda meski gelar bunga bangkai melekat pada keduanya karena ciri khasnya yang sama-sama berbau bangkai dan sama-sama berukuran raksasa.

Sumber : Kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s