Supercar dari Korea

Seoul – Bila selama ini Korea hanya dikenal dengan deretan mobil murah produksi KIA dan Hyundai, Anda pasti tidak akan percaya mobil super ini adalah hasil tangan-tangan negeri yang sama.

Supercar yang bernama Spirra ini adalah mobil supercar pertama produksi Korea yang diklaim memiliki kemampuan yang tidak kalah bagus dengan mobil-mobil hasil produksi Lamborghini ataupun si kuda jingkrak Ferrari.

Berbekal mesin turbo 3,8 liter, tipe tertinggi (GT) Spirra yang seluruh bodinya menggunakan serat karbon ini diklaim mampu melaju cepat hingga kecepatan maksimal 312 km/jam dengan tenaga yang tersembur mencapai 500 hp.

Dengan kekuatan sebesar itu, tidak salah bila mobil yang memiliki berat antara 1.320-1.450 kg ini dipercaya mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,4 detik saja.

Meski bertenaga besar, seluruh tipe Spirra diklaim masih irit bahan bakar karena mampu berjalan sejauh 11 km hanya dengan meminum 1 liter bahan bakar.

Spirra sendiri dilepas dengan 5 model yakni Spirra N, S, T, EX dan GT yang memiliki tenaga puncak antara 180-500 hp serta dilepas dengan harga 79 juta won sampai 216,6 juta won atau sekitar Rp 610 juta sampai Rp 1,67 miliar.

Tidak hanya itu, produsen Spirra pun sepertinya sudah siap dengan berbagai layanan laun seperti paket modifikasi, tuning mesin untuk meningkatkan kinerja, paket interior dan lainnya. Kesemua paket ini telah mereka siapkan di banyak kota besar Korea seperti Seongsu-dong dan Yangjae-dong Seoul, Busan, Daegu, Gwangju dan Daejeon.

Tahun ini Spirra anyar yang baru saja diluncurkan akhir Maret silam ditargetkan dapat terjual hingga 100 mobil dan meningkat dua kali lipatnya pada 2011 mendatang.

Saat ini kapasitas maksimum pabrik baru mampu memproduksi 342 unit Spirra. Namun angka itu tergolong tinggi, karena untuk membuat satu Spirra dibutuhkan waktu hingga 2 bulan lamanya.

Hebatnya lagi, Spirra ternyata dibangun oleh sebuah perusahaan bernama Oullim yang baru saja didirikan pada bulan Juli 2006 silam. Dalam waktu kurang dari 4 tahun, perusahaan ini sudah bisa memproduksi sebuah mobil sport. ( syu / ddn )

Sumber : detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s