Ujian Nasional Masih Bocor

Tiada manusia yang sempurna, para murid pasti merasakan ketakutan menghadapi ujian. Ketakutan dalam pikiran mereka apakah mereka akan lulus. Namun semua hanya pikiran, para murid sebagian dapat tersenyum sebab mereka telah mendapatkan bocoran. Oknum seperti ini tentu akan selalu ada bila mental di Indonesia tidak dibenahi. Sebagai warga Indonesia sudah lumrah setiap Ujian Nasional akan ada kebocoran soal. Sebagai murid pasti pernah melakukan tindakan yang tidak jujur seperti menyontek. Dan lebih parah lagi ada sekolah yang memberikan jawaban terlebih dahulu sebelum mengerjakan ujian. Dengan modus mengumpulkan murid-muridnya dikumpulkan dan para guru mengerjakan mencari jawaban.

Modusnya dilakukan dengan secara blak-blakan memberikan jawaban di depan kelas dengan tujuan meningkatkan peringkat sekolah untuk menjadi terbaik di wilayahnya. Atau modus kedua dengan menggunakan SMS.

Penjagaan ketat dari pencetakan soal dari pusat, tetap saja  pasti namanya manusia kreatif dalam mencari jalan untuk mendapatkan bocoran.

Well, untuk yang mengerjakan soal dengan belajar dengan giat semoga lulus dengan baik dan dengan kepala tegap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s