J-20 Pesawat Siluman China

Pesawat siluman yang dimiliki oleh tentara Amerika dan Rusia yaitu Raptor F22 dan Sukhoi T50, kini diikuti oleh China. Berita ini terbukti dari hasil foto-foto pesawat tersebut yang bocor ke media maupun blog.

Pemerintah China yang terkenal ketat akan kendali atas media, dengan kemunculan laporan dan foto tersebut, tidak dihapuskan dan diperkirakan disengaja oleh pemerintah untuk bocor ke ruang publik.

Situs penerbangan yang mengedarkan foto tersebut mengatakan foto-foto diambil dari luar pagar bandara Institut Desain Pesawat Chengdu di baratdaya China. Uji coba dijalankan pada landasan adalah tes sebelum pesawat tersebut diterbangkan.

Industri penerbangan China, baik militer maupun sipil, telah membuat kemajuan pesat dalam beberapa tahun terakhir tetapi masih sangat bergantung pada teknologi impor. Teknologi propulsion (tenaga penggerak) menjadi sebuah masalah khusus: mesin-mesin buatan Rusia masih digunakan dalam jet-jet tempur J-10 dan J-11 buatan China, yang merupakan kopian dari jet tempur Su-27 Rusia.

Teknologi pesawat siluman lebih sulit untuk dikuasai karena teknologi itu mengandalkan sistem yang dapat menyembunyikan kehadiran pesawat sementara itu pesawat memperlengkapi pilot dengan informasi yang cukup untuk menyerang musuh. Emisi juga harus disembunyikan dan badan pesawat harus mampu menghindari deteksi radar dan inframerah.

Analisa terhadap foto-foto jet tempur J-20 itu menunjukkan bahwa pesawat itu lebih besar daripada pesawat Sukhoi T-50 Rusia atau F22 Raptor milik AS. Hal itu kemungkinan akan memungkinkan pesawat tersebut untuk terbang lebih jauh dan membawa senjata berat.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s