Kebakaran Gerbong di Stasiun Rangkasbitung

Kepolisian Daerah Polda Metro Jaya dan Polres Lebak, Banten, telah memeriksa enam saksi terkait kebakaran 24 gerbong di Stasiun Rangkasbitung, Lebak, Banten, kemarin. Semua saksi itu pegawai PT Kereta Api Indonesia (PT KAI).

Wakil Kepala Divisi Humas Mabes Polri Brigjen (Pol) Untung Yoga mengatakan, keenam saksi itu adalah Maman Tukidjo, Aji Husaeni, Agus, Anda, serta dua petugas keamanan stasiun, yaitu Supendi dan Mulyana. “Tidak menutup kemungkinan saksi akan bertambah dari luar PT KAI,” kata dia di Mabes Polri, Selasa (12/10/2010).

Sebelumnya, dari Polres Lebak diperoleh keterangan, jumlah saksi yang dimintai keterangan hingga sore ini sudah 14 orang.

Dikatakan Yoga, hasil penyelidikan tim Pusat Laboratoriun Forensik Mabes Polri menyebutkan, sumber api berasal dari rangkaian KA di jalur III pada gerbong nomor 4. Namun, hingga saat ini tim masih menyelidiki sumber api. “Perlu waktu untuk mengetahui penyebab kebakaran,” kata Yoga.

Apakah tim melihat ada unsur kesengajaan? “Tentu itu harus dibuktikan dengan hasil temuan Labfor,” jawab Yoga.

Seperti diberitakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah memerintahkan kepolisian untuk mengusut kebakaran yang terjadi pukul 01.30 itu. Tak ada korban jiwa akibat peristiwa itu. Namun, keberangkatan kereta dari Rangkasbitung pada Senin pagi sempat terganggu.

Untung Yoga meluruskan berbagai pemberitaan mengenai jumlah gerbong yang terbakar, yakni 24 gerbong. Enam di antaranya hanya terbakar sebagian, sedangkan 18 lainnya terbakar semuanya.

 

Sumber : Kompas.com

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s