Cara membuat kaca ?

Kaca adalah benda amorf (tak berbentuk), namun bukanlah benda
padat.

Gimana seh cara membuat kaca?

Kaca adalah material yang dapat dibentuk pada temperatur di atas 2300 °F atau 1261 °C. Untuk menghindari pengkristalan harus melewati  proses pengkristalan secepat mungkin.

Komposisi kaca adalah sebagai berikut

  1. pasir silika
  2. sodium oksida
  3. kalsium oksida / kapur

Namun ribuan campuran kimia yang berbeda dapat digunakan untuk membuat kaca.

Kaca, umumnya, mengandung: formers, fluxes, dan stabilizers.

  • Formers merupakan persentase terbesar dari campuran. Untuk kaca sodakapur-silika, former-nya adalah silika dalam bentuk pasir.
  • Flux menurunkan temperatur hingga suhu di mana former akan mencair.Soda dan Kalium (Kalium karbonat), keduanya adalah alkali, merupakan flux yang umum dipakai. Kaca Kalium sedikit lebih rapat daripada Kaca
    Soda.
  • Stabilizers membuat kaca kuat dan tahan air. Kalsium karbonat, sering
    disebut calcined limestone, adalah suatu stabilizer. Tanpa stabilizer, air dan
    kelembaban “menyerang” dan melarutkan kaca. Kaca yang kekurangan
    kapur biasa disebut waterglass.

Dari hasil pengolahan tersebut terdapat beberapa jenis kaca yang dapat dibuat dan telah banyak beredar di pasaran.

Jenis-jenis kaca yang ada di pasaran antara lain kaca polos, kaca darkgrey, kaca esta, kaca cermin dan kaca sunblast pada umumnya. Dari berbagai jenis tersebut dapat digunakan pada beberapa fungsi dalam arsitektur rumah.

Kaca polos dapat digunakan untuk kaca jendela untuk mendapatkan cahaya yang cukup dan menghemat energi.

Kaca darkgrey dapat digunakan untuk kamar yang membutuhkan privacy, dapat divariasikan dengan cermin brown atau black maupun cermin grey.

Kaca esta dapat digunakan untuk kamar mandi atau kitchen set untuk lemari piring dan gelas. atau dapat menggunakan kaca sunblast sebagai penggati kaca esta.

Kaca cermin dapat digunakan untuk kamar mandi atau meja rias. dapat ditambahkan dengan lampu untuk mempercantik serta memberi kesan luas terhadap ruangan sempit.

Angkasa Bangunan

Green Ville A/31

Jakarta Barat

5684309

About these ads

42 thoughts on “Cara membuat kaca ?

      • Salam kenal Pak Hardy,saya Sapto dari kota batik,Pekalongan..
        pak saya sedang belajar membuat kaca hias,salah satunya kaca bevel.saya pake alat sederhana,tapi kendalanya butuh waktu lama dan kurang rapi hasilnya.
        Nah yg mau saya tayakan kalau mesin bevel kaca itu mulai harga berapa ya,yg saya tahu yg harganya ratusan juta,apa ada yg lebih terjangkau pak,yg agak kecil/sederhana dan dimana bisa didapatkan di Jakarta..
        thanx in advance..

  1. pak, apa membuat kaca baru bs dgn bahan kaca2 bekas lg?? spt kertas yg bs di buat dr daur ulang kertas itu sendiri?? gmn caranya? tks

    • sampai saat ini saya belum pernah melakukan daur ulang. pastinya kaca dapat didaur ulang dengan menggunakan tungku pemanas atau oven dengan suhu yang tinggi sekitar 300-500 derajat celcius. dari pabrik kaca yang ada di jakarta mereka juga mengambil kaca bekas, dikumpulkan dan di daur ulang yang seperti Anda tanyakan.

  2. Salam kenal Pak.., saya mau tanya nih, bagaimana caranya membuat kaca yang habis kit slep menjadi bevel agar kembali jernih ya? thank u..

    • salam kenal juga pak Yonas. sebelumnya saya baru mendengar istilah kit slep. Untuk kaca setelah dipotong untuk atau diproses apapun untuk menjadi jernih, dapat menggunakan senyawa kimia cerium. berbentuk bubuk dan dicampur dengan air dan dipoleskan ke kaca. hasilnya akan jernih tentunya menggunakan mesin.
      semoga membantu.tq pak yonas

  3. terima kasih atas ajarannya Pak.. itu bukan istilah Pak, tapi kurang ketikan saja. maksud saya adalah kaca yg habis kita slep.. hehehe..

    kalo saya boleh belajar lagi nih Pak.. Polesnya itu menggunakan batu poles apa ya Pak? dan jika menggunakan mesin, menggunakan RPM brp yg Bapak sarankan? karena saya tertarik nih untuk mencoba berbisnis kaca..

    thanks a lot ya Pak…

    • terima kasih untuk commentnya. saya juga belum terlalu lama berkecimpung di kaca. Setahu saya semua menggunakan mesin untuk menghasilkan kaca mengkilap. Yang selama ini diketahui adalah menggunakan mesin grinda tangan dengan menggunakan trafo dengan tegangan sekitar 75-100 Ampere. Untuk RPM nya jangan terlalu tinggi untuk menghindari suhu yang tinggi.

      Polesnya menggunakan amplas dengan seri yang halus kemudian sambil poles tuangkan cerium nya menggunakan busa atau sponge ke atas gosokannya berbarengan. Untuk masalah bevel sebenarnya saya belum pernah membevel sendiri, pernah melihat dan tahu bahan namun pernah dicoba tidak sebagus hasil mesin pabrik. Sebab sudah banyak pabrik yang menawarkan jasa untuk bevel.

      Semoga dapat membantu Yonas.

  4. maaf Pak.. saya mau tanya lagi nih.. untuk ceriumnya perbandingan dengan 1 liter air menggunakan berapa banyak bubuk ceriumnya ya? dan dimana saya dapat membeli bubuk cerium ya? atau mungkin ada kode kimianya? thank u…

  5. terimakasih atas infonya Pak.. saya sudah coba membuat bevel, meskipun hasilnya masih kurang sempurna, tetapi sudah bisa kembali jernih menggunakan cerium.

    • gimana perbandingan nya? kira-kira atau ikuti takaran? Yonas buka usaha di daerah mana? saya sepertinya tertarik dengan keseriusan Anda untuk bergerak bidang kaca.memang untuk hasil tangan kurang bagus dibanding dengan mesin. boleh saya mampir ke tempat Yonas itupun kalau Anda bersedia dan telah dikasih jalan untuk mampir ke tempat Yonas.

  6. saya sebenarnya tdk ada basic di kaca Pak. basic saya adalah accounting. tetapi saya baru saja diterima kerja di sebuah perusahaan ddi bogor dimana saya diminta untuk membuka toko kaca. kemudian saya coba untuk merekap semua info ttg kaca dan kebetulan saya membuka blog anda ttg kaca. saya menggunakan perbandingan yg anda sarankan dengan sedikit pengurangan, jd sekitar 50gr cerium untuk 0,5ltr air. kemudian saya gosokkan ke kaca menggunakan sponge. meskipun proses agak lama, tetapi bisa kembali jernih.
    dan saya sangat berterimakasih atas semua info yg telah bapak berikan kepada saya karena melalui info ini saya dapat menjadi lebih pintar dan dapat bekerja dengan baik..

    sekali lagi banyak terimakasih ya Pak..

    • ok Yonas saya kalau ke bogor boleh mampir kesana? kadang kadang saya ke bogor akhir minggu. ya kalau Yonas ada pertanyaan semoga bisa sharing. ya kalo mampir ke jakarta bisa mampir di greenville blok a/31.wkwkwkwk

  7. silahkan mampir Pak, kantornya ada di jl. majapahit blok O4 no 7 perum cimanggu permai Pak. tetapi disini tdk ada mesin yg spesifik..
    kalo saya domisili di jakarta di sunter mas.

  8. pak sya mau tny kira2 tau t4 prodiksi kaca semprong?
    atau mgkn bpk bs buat?
    sy mau buat pipa kaca dr kaca daur ulang
    tlg info nya y pak,mksh sblm ny

    • terima kasih atas kunjungannya. saya belum pernah menemukan tempat lampu semprong. saya sudah mencari tempat untuk pembuatan lampu lilin lampion.berikut alamatnya
      Ernawati
      Kapuk Poglar Gg. Semut No. 16
      Jakarta Barat 11720
      HP : 08121066799 / 08888792899 / 081410012525
      Telp : 021-54375260
      Email : pioshopyahoo.com atau lampulilinymail.com
      semoga membantu.
      saya juga sedang email ke alamat ini

    • Selamat Siang Bpk. Daud. Salam kenal juga. Untuk info produk mesin Anda dapat mengunjungi pameran rutin secara tahunan di Jakarta. Disana terdapat distributor penjualan mesin untuk produksi kaca.

      Mesin sekarang banyak didatangkan dari negeri tetangga kita di Asia. Mesin yang digunakan sesuai kebutuhan Bpk. Daud. Ada mesin bevel dan gosok mesin atau mesin tempered serta yang utama mesin membuat kaca.

      Untuk mesin bevel dan gosok mesin sudah umum digunakan, sedangkan untuk tempered atau mesin utama pembuatan kaca belum pernah melihat secara langsung.

      Untuk acara tersebut akan diadakan tahun ini di pertengahan atau akhir tahun. Bpk. Daud dapat melihat mesin disana.

      Semoga mendapat pencerahan

      Regards

      Rico

  9. salam kenal pak saya aziz dari batang/alas roban. Saya mau nanya kalo bikin kaca bevel manual. Bahannya apa saja. Kalo boleh sepesifik merek dan ukuranya. Berapa
    Dan kalo dak pake. Amplas selain merek niken ukuran 220. Apa bisa
    Trimakasih

    • bahan yang dibutuhkan bahan amplas 150, 400 dan 1000. merek amplas bisa apa saja. itu untuk membuat kaca bevel secara manual yang hasilnya tidak sebagus mesin pabrik. semoga mendapat pencerahan.

  10. salam kenal pak,,,, saya yusuf dipadang,,, saat ini saya baru memulai usaha kaca grafir (ukir) dengan tekhnik sandblasting,,,,
    yang ingin saya ketahui adalah: dulu saya pernah dengar ada semacam zat kimia yang bisa digunakan sebagai bahan untuk meng-etsa kaca, caranya antara lain dengan mengoleskan zat tersebut pada bagian kaca sesuai mal lalu setelah beberapa saat bagian yg dioles zat tadi akan rapuh dengan sendirinya menjadi debu (sedalam beberapa milimeter) menghasilkan bidang cekung (ukir) dikaca sesuai bentuk yg kita inginkan,,,,,
    akan tetapi sialnya saya lupa pak nama zat tersebut, mungkin karna dulu saya belum terjun ke dunia usaha kaca, maka saya tak ambil pusing soal tekhnik dan nama zat tersebut,,,
    dan sekarang saya mohon pencerahan dari bapak sekiranya mengetahui dan menguasai tentang tekhnik dan zat kimia yg digunakan seperti hal saya jelaskan diatas,,,,
    atas responnya saya ucapkan terimakasih,,,,,

    • sore pak yusuf, sori baru diapprove. saya mencari tahu kalo unsur kimia nya F (Fluorine) itu yang saya dapatkan infonya mengenai pertanyaan Bapak Yusuf. Untuk lebih lanjut akan saya tanyakan ke bagian kimia untuk pastinya. Sebab saya juga belum pernah menggunakan atau membuat kaca sandblast sendiri dengan menggunakan teknik cairan tersebut. Baa Kabar nyo ? Sasama urang awak.

      • tarimokasih banyak pak hardy atas jawabannya,,, ditunggu info selanjutnya,,,,
        salam dari kampuang pak,,,, :)

  11. pak saya mau buka usaha toko kaca tapi belum bisa caranya membuat bevel kaca. tolong diberikan contoh gambar apa nama mesin untuk bevel kaca yang portable dan jeimis mesin gogoknya, makasih solam dari orang jogja

    • salam, untuk buat bevel kaca menggunakan mesin portable hanya perlu grinda tangan dan kepala untuk amplas. untuk amplas gunakan dari yang kasar hingga halus. sebelumnya digrinda sesuai dengan lebar bevel yang diinginkan.

      pengalaman saya masih biasa saja untuk bevel. namun saya yakin dapat membuat bevel dengan pencerahan singkat diatas.

      semoga mencerahkan hidup Anda.

    • untuk saat ini di jakarta saya belum menemukan tempat kaca art seperti yang Anda inginkan. kalau ada info bisa berbagi. Namun saya pernah dengar ada yang punya mesin untuk melelehkan kaca untuk bentuk setengah lingkaran di daerah tangerang.

  12. selamat sore pak…. salam kenal,
    saya agus rencana mau buka toko kaca, saya ingin tanya bagaimana cara membuat kaca sandblast dan alatnya saya dapat beli dimana…,terimakasih

    agus,di karawang,
    0812 938 1787

    • malam pak agus, setahu saya untuk membuat kaca sandblast menggunakan pasir…saya lupa… saya harus menanyakan dulu kepada yang ahli lagi. Untuk membuat sandblast ada 2 cara manual atau mesin. untuk manual bisa menggunakan pasir kemudian digosokkan merata di kaca. kalo untuk mesin menggunakan kompresor dan stang pasir kemudian disemprotkan. Dan ada juga mesin yang besar khusus kaca besar.
      Untuk membelinya dapat dibeli di pameran mesin yang ada di JCC, senayan. setahun sekali biasanya ada pameran.
      Mohon maaf kalo nama pasirnya saya belum tahu. Segera saya kabari info mengenai pasir dan info lainnya jika saya mengetahuinya.

      Semoga mencerahkan Anda.

  13. Salam kenal,
    Mau tanya pak,
    Bisakah pipa terbuat dari kaca,
    Apakah biaya lebih kecil dibanding dgn paralon,
    Dan bgm dgn kekuatan dan keindahan.
    Tks

    • Salam kenal Nina. Menurut saya pipa bisa terbuat dari kaca, namun untuk biaya membutuhkan biaya yang lebih besar, karena panas yang digunakan untuk mencarikan kaca mencapai 900 derajat Celcius. Dari aspek keindahan sangat indah karena kita dapat melihat isi dalam pipa tersebut. Namun tidak untuk pipa untuk limbah ya. Kekuatan saya belum pakar untuk menyatakan kuat atau tidak, namun saya rasa cukup kuat dengan tekanan air disesuaikan dengan tebal kaca pipanya.

      Semoga mencerahkan Anda

  14. salam kenal pak.saya ini berkecimpung di bidang kerajinan lampu tembaga sebenarnya sering juga menggunakan kaca melengkung namun sulit didapat. kalau ada cara manual untuk membengkokkan kaca tolong saya dikasih infonya ya pak. terimakasih banyak

  15. HI PAK hardy enrico, kao boleh tau bapak itu toko kaca juga ya? aku lagi cari tempat jasa bevel yg murah dimana yah pak? saya bisnis kaca di sunter, jakarta utara thx

  16. malam pak hardyenrico,setelah saya baca komentar2 sebelumnya,saya jadi bertambah ilmu dibidang kaca ini.yang ingin saya tanyakan pak,nama alat untuk pengatur kecepatan gerinda nya pak.mohon infonya ya pak.tq sebelumnya

      • malam pak.. ikutan nimbrung yah.. kalau saya pakenya voltage regulator buat yg 1000volt. dulu saya belinya sekitar 750rb an, cuman efeknya terhadap mesin gerinda, motornya akan cepat sekali panas karena dipaksa bekerja pada voltage yg tidak normal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s